Tags

, , ,

Saat ini saya sedang mencari-cari info tentang HP, karena ingin membeli ponsel yang sesuai dengan keinginan saya yaitu handphone bisnis yang tidak mengesampikan unsur multimedianya. Seperti yang kita ketahui, belakangan ini marak ponsel pintar Blackberry atau disingkat BB. BB sendiri merupakan smartphone yang mengandalkan aplikasi push email, internet dan segala tetek bengeknya untuk memudahkan urusan bisnis. Awalnya BB digunakan oleh pebisnis namun seiring berjalannya waktu BB menjadi tren karena telah menjadi bagian gaya hidup modern. Sekitar tahun 2005 saya membaca majalah lifestyle dan disitu terdapat gambar-gambar artis hollywood yang menggenggam ponsel tersebut. Jadi saya beranggapan, BB adalah ponselnya artis hollywood. Tapi lihat sekarang ini, BB seperti wabah. Semua orang bisa memilikinya dari yang harga 3jutaan sampai yang 7jutaan tergantung budget.

Pada tahun lalu Apple juga mengeluarkan iPhone 3G tetapi dibanderol harga yang sangat tinggi yaitu 10 jutaan, tetapi tetap saja ponsel tersebut dipilih oleh sebagian orang yang menganggap ponsel tersebut dapat memenuhi kebutuhan mereka selain itu karena vendornya adalah Apple. Tetapi sudah pasti yang memilikinya adalah kalangan tertentu yang menganggap uang 10 juta bukan hal yang penting.

Dengan maraknya BB dan iPhone ternyata secara perlahan mereka merebut pasar ponsel High End. Seperti Nokia E75, E71, E90, Sony Ericsson Xperia, dll sampai-sampai ada merek tertentu yang menurunkan harganya. Saya jadi bertanya-tanya, apa para penggemar BB dan iPhone menggunakan ponsel mereka sesuai dengan kebutuhan atau hanya tren semata?. Yeah..that’s right, itu bukan urusan saya, hehe.. :p

e71Setelah sedikit membaca-baca, sepertinya saya memutuskan untuk meminang Nokia E71. Selain karena sesuai budget (harganya merosot tajam karena wabah diatas), yang tadinya 5,2 juta skarang jadi 3,9juta (harga di Singosaren Solo, red), dan fitur-fiturnya juga lumayan lengkap. Fiturnya sebagai berikut (secara singkat): Ponsel ini beroperasi di 4 band GSM (GSM 850/900/1800/1900) dan 2 band HSDPA (HSDPA 2100/900), WiFi, Kamera 3.2 Megapixel, autofocus, Flash light dan bisa merekam video MPEG 4 dan 3GP. Layar horisontal resolusi 320 x 240 pixel 2.36 inchi 16 juta warna tipe TFT. Memory internal 110 Mb, ram 120 Mb plus memory tambahan via MicroSD Card yang bisa sampai 8 Gb. Pemutar musik dan video yang mendukung berbagai format populer, juga dilengkapi pemutar file flash yang memungkinkan kita browsing di situs-situs berbasis flash seperti Youtube, Visual radio. Selain itu ada GPS, Video call, Bluetooth, InfraRed.

Sepertinya saya semakin mantap setelah tahu bahwa ponsel sekaliber iPhone mempunya banyak kekurangan (yang sayangnya sangat sering kita pakai disini):

  • Tidak bisa MMS20090123174822
  • Tidak bisa dial dari bluetooth headset (A2DP)
  • Tidak bisa mengirim data via bluetooth (contac, lagu, foto, film, dll)
  • Tidak bisa digunakan untuk modem pc/laptop
  • Tidak bisa mengedit file-file office
  • Tidak bisa Video Call
  • Tidak bisa rekam Video
  • Tidak bisa mencopy/paste saat mengedit text
  • Tidak mendukung Flash, Java dan download manager di internet browser Safarinya
  • Tidak ada slot memory card (kalau hp rusak, data kita stuck di dalam
  • Susah dalam mendownload dan menginstall aplikasi

Sedangkan untuk untuk BB diharuskan berlangganan blackberry_stormBIS (Blackberry Internal Service) untuk akses internet, yaitu sebesar Rp.150.000,- per bulan, yang artinya ponsel tersebut hanya bisa untuk SMS dan telpon jika tidak berlangganan BIS. Bahkan salah satu ponsel BB yang mempunyai layar sentuh yaitu BB Storm tidak diberi fitur Wifi.

Kedua ponsel tersebut dibanderol harga yang mahal dengan fitur yang terbatas, dan itulah yang membuat saya yakin dengan E71. Namun E71 juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya kamera yang tidak sebagus seri N, dan suara kamera tidak bisa dihilangkan, Musik tidak se-ok Soner seri W. Tapi FYI, semua kamera di HP sebetulnya tidak maksimal. Kalau mau kamera yang bagus ya DSLR camera ;p. But however, sepertinya saya tetap mantap..

Advertisements