Tags

, , , , ,

Ini dia salah satu pantai indah dan eksotis yang saya jambangi.. Seperti pantai Nampu dan pantai Sembukan yang telah saya kunjungi sebelumnya, pantai Klayar ini merupakan salah satu pantai Indah di bagian selatan pulau Jawa yang berpasir putih yang terletak di kota Pacitan. Seperti yang kita tahu pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang besar dan penuh karang tajam begitu juga dengan Pantai Klayar ini namun tetap saja tidak mengurangi keindahannya.

Awalnya teman satu kost saya pergi ke pantai klayar tersebut dengan teman-teman kuliahnya beberapa bulan lalu dan ia merekomendasikan pantai itu untuk saya kunjungi. Setelah menemukan waktu yang tepat, saya, partner saya (Yayan), teman satu kost tersebut (Indah), dan sohib saya (Mbem), we decided to rock that beach.

Kami berangkat dari Solo pukul 12.30 (bukan waktu yang tepat sebenarnya, itu dikarenakan ada satu hal yang harus saya selesaikan sebelumnya), seperti biasanya kami melewati Rute dari Solo, Sukoharjo, Wonogiri. Sampai di Wonogiri kota yang kawasan one way, kita belok ke kiri arah Baturetno. Setelah itu kita mengambil arah Ngadirejo kemudian ambil arah Pacitan. Pada saat masuk Kabupaten Pacitan, kita akan melewaji jalan layang yang panjang, halus beraspal, dan sepi sampai menemukan Poster besar bertuliskan “Pacitan – Kota Ratusan Goa”(kota pacitan memang terkenal dengan banyak wisata Goa yang terkenal, tp saya tidak terlalu tertarik dengan Goa).

Kita kemudian menuju dan mengikuti arah ke Goa Gong, setelah itu akan ada petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Pantai Klayar. Medan yang kita lalui berikutnya lumayan sempit (tetapi tetap bisa dilalui mobil), dengan jalan yang berkelok karena terdapat banyak bukit dan bergelombang. Tetapi kondisi jalan sudah cukup baik (beraspal), sampai pada kurang lebih 3 Km sebelum sampai lokasi pantai (awalnya). Namun sekarang jalan tersebut judah diaspal setengahnya jadi tidak menutup kemungkinan jalan tersebut akan lebih diperbaiki dalam waktu dekat sehingga memudahkan pengunjung ke lokasi pantai.

IMG_3784 IMG_3786 IMG_3789 IMG_3791

Dari kejauhan kami melihat pantulan cahaya matahari sore di birunya air laut, dan akhirnya, Subhanallah..kami sampai di Pantai Klayar yang cantik. Pantai yang dihiasi pasir putih yang bertekstur halus, pohon kelapa yang melambai, batu karang, serta batu putih yang berbentuk seperti layar. Konon itulah kenapa pantai tersebut dinamai Pantai Klayar.

IMG_3793 IMG_3795 IMG_3792 IMG_3858

Kita dapat menikmati pemandangan dari 3 spot, yaitu di atas bukit yang tidak terlalu tinggi, kita akan melihat pantai Klayar dari atas dan birunya air laut di samudera hindia, kemudian dari tengah pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih, serta dibagian timur pantai dengan pemandangan batu putih berbentuk layar. Hm.. sungguh nikmat melihat pemandangan indah ini..

Disitu terdapat warung makan yang menyediakan bakso, soto, dan tempat MCK, serta tempat parkir yang baik untuk motor dan mobil. Hm..mungkin saya akan kembali someday dan bermalam dengan mendirikan tenda agar bisa menikmati sunset dan sunrise.

IMG_3831

Hell Yeah, Beach is one of something that I’m crazy about..

