Tags

, , ,

Menikah. Apa dibenak kalian saat terbayang kata tersebut? Happilly ever after? Conflict? Kids? Or sex? Itu subjektive, tergantung bagaimana lingkungan dan pengalaman kita. Sering kali kita juga mendengar “Menikah itu sekali untuk seumur hidup” (Little bit cliche but it is something that we expected, isn’t?). Taruhlah kita menikah untuk usia 23-25 th (seusia saya, red. Karena beberapa teman sesusia saya sudah menikah dan mempunyai keturunan) sampai kita mempunyai anak seusia kita saat ini. Berarti at least kita menikah selama 26 tahun. Dibenak saya, selama 26 tahun itu apa kita bisa bertahan didalam segala situasi untuk selalu bersama dengan pasangan kita yang notabene berbeda dengan kita. I mean, sesama-samanya pasangan pasti ada perbedaan juga kan? Baik pendapat, cara pandang, selera, hobi, dll. Sedangkan untuk masa pacaran yang hanya 1-2 tahun saja tentunya kita melewati banyak masalah dengan sang pacar yang terkadang dikarenakan perbedaan itu. Dan untuk saya pribadi saya benar-benar butuh waktu untuk sendiri jika mempunyai masalah dengan seseorang sampai perasaan mereda.
Ada salah satu teman dekat saya yang menikah muda yang sebelumnya ia selalu bercerita tentang betapa menyenangkannya jika kita dapat segera menikah, tiba-tiba ia berubah haluan dengan tidak menyarankan teman-temannya (including me) untuk buru-buru menikah. Karena menikah itu butuh pertimbangan yang sangat matang, baik materi, mental, dan segalanya. Kata-katanya yang saya ingat sampai sekarang adalah “Karena saat kita menikah, kita tidak saja berhubungan dengan suami kita, melainkan orang-orang yang ada disekitar suami kita, dan kita harus siap akan hal itu”. Hm.. sangat mengena, dan itu akan menjadi salah satu refrensi saya. 😉
Tapi dilain sisi, saya sangat salut denga pasangan yang bisa bertahan hingga puluhan tahun (dan tanpa penghianatan, lol). Dan karenanya saya sangat ingin tahu bagaimana mereka menghadapi masalah rumah tangga mereka, karena menurut saya sabar saja tidak cukup. Hell yeah I wish me and my future husband will be the one of those lucky couples.. 🙂

